Kamis, 28 Mei 2009

Tiga Langkah Sederhana Ber-password Aman


Kita sekarang sudah hidup dalam era digital dimana Anda sering diminta untuk membuat password baru. Beberapa di antaranya untuk hal-hal yang tidak begitu penting (dimana tidak membahayakan uang dan identitas Anda). Untuk yang semacam ini, Anda bebas untuk menggunakan password yang mudah-mudah karena efeknya jika sampai diketahui orang lainpun tidak akan begitu merugikan Anda. Lain halnya, pada saat Anda benar-benar membuat password yang benar-benar spesifik untuk melindungi informasi penting.
Berikut ada tiga langkah sederhana untuk membuat password yang aman dibobol hacker:
- Password harus terdiri dari 8 karakter atau lebih. Tidak ada toleransi untuk hal ini.
- Kombinasikan huruf, angka dan karakter simbol di keyboard tetapi hindari suatu urutan (seperti ‘12345678’ atau ‘abcdefgh’ atau ‘qwertyui’). Jika mengandung suatu pola-pun, ini akan menjadi suatu celah! Jangan gunakan pula membuat password dengan cara mengganti suatu karakter dengan simbol yang mirip (seperti contohnya ‘p@55w0rd’, hacker tahu betul segala trik ini). Semakin acak password Anda, semakin aman.
- Jangan gunakan nama Anda, tanggal ulang tahun, tanggal suatu peringatan atau kata-kata dari kamu. Sia-sia saja menggunakan ini, terlalu mudah bagi orang jahat untuk mengetahuinya.

Ingatlah, suatu password mudah hanya efektif tidak diketahui oleh orang-orang yang jujur tetapi untuk orang-orang yang jahat, sama sekali tidak

Tidak ada komentar: