Rabu, 27 Mei 2009

Lima Cara Mengatur Uang Anda



Salah satu hal yang terpenting dalam hidup kita adalah mengatur/mengelola uang Anda. Kalau Anda tidak dapat mengatur uang ( manajemen keuangan ) Anda dengan sebaik mungkin, maka Anda seperti menaruh anggur pada kantong plastik yang berlubang. Dengan kata lain kerja keras Anda dalam mengumpulkan uang akan sia-sia. Apa yang timbul dalam pikiran Anda, ketika ditanya mengenai cara mengatur uang Anda? Berikut ini garis besar mengatur keuangan kita:
1. Mengumpulkan
Uang Anda tidak datang dengan sendirinya, melainkan dibutuhkan usaha yang keras di dalam pekerjaan Anda untuk dapat mengumpulkan uang ( gunakanlah jasa konsultasi / akuntan ). Tidak salah kalau Anda mengumpulkan uang Anda dengan usaha Anda sendiri; yang salah adalah ketika Anda menjadikan uang segalanya.
2. Mengeluarkan
Anda harus dapat mengatur uang Anda untuk hal-hal yang terutama. Sering kali pengeluaran lebih banyak dari pemasukan yang Anda terima ( untuk itu di butuhkan manajemen keuangan yang di butuhkan adalah jasa konsultasi / akuntan publik ). Ini sangat tidak sehat. sebaiknya anda menggunakan jasa akuntan ( cth : akuntan publik, akuntan keuangan )
3. Menyimpan
Sering kali untuk menyimpan/menabung adalah suatu hal yang sulit. Namun Anda harus mulai membiasakan diri Anda untuk menabung, karena ini termasuk salah satu kunci supaya Anda dapat mengatur uang Anda dengan baik. Tabung 10% dari penghasilan Anda untuk masa depan dan kebutuhan khusus.
4. Investasikan
Kalau Anda mempunyai simpanan yang cukup banyak, maka Anda dapat menginvestasikan uang Anda. Untuk investasi ini, konsultasikan dahulu dengan pakar investasi / akuntan seperti akuntan publik dan akuntan keuangan mengenai yang akan Anda hadapi pada saat Anda menginvestasikan uang Anda. Sebuah investasi yang perlu dilakukan adalah investasi dalam bentuk tanah atau rumah, karena hal ini merupakan salah satu kebutuhan kita yang harganya akan terus naik.
5. Memberikan
Kunci terakhir dalam mengatur uang Anda adalah memberi! Mungkin Anda akan berpikir apakah memberi termasuk dalam mengatur uang? Saya kata Ya! Kenapa? Karena pada saat Anda memberi kepada orang-orang yang membutuhkan, maka Anda sedang menginvestasikan uang Anda bagi masa depan mereka.

Tidak ada komentar: